[#makanpakereceh di Solo] Berburu Pecel Ndeso yang Unik!

Kalau nanya ke temen-temen soal kuliner khas Solo, jawabannya pasti nggak jauh-jauh dari Liwet dan Selat Solo. Tapi pas Ms. Mimin cari infonya di internet, ternyata banyak banget! Dan salah satu yang bikin Ms. Mimin penasaran adalah Pecel Ndeso.

Denger-denger sih yang paling terkenal ada di depan Pasar Gedhe yang bukanya cuma di hari Sabtu dan Minggu pagi. Sayangnya Ms. Mimin di Solo nggak pas weekend jadi mesti dicoret dari daftar wajib makan.

Tapi kalau jodoh emang nggak kemana. Lagi jalan di sekitaran Jl. Gajah Mada, Ms. Mimin ketemu ibu sepuh yang jualan Pecel Ndeso di pelataran parkir Wonder Bakery. Nggak pake lama, Ms. Mimin langsung pesen seporsi dan makan di tempat!

Hal pertama yang bikin Ms. Mimin tertarik buat nyicipin Pecel Ndeso adalah karena mereka pake beras merah. Selain itu, nggak kayak pecel biasa yang pake sambel kacang, Pecel Ndeso pake sambel wijen yang warnanya hitam. Sebagai pecinta sambel, rasanya Ms. Mimin emang wajib banget buat nyobain!

Di atas pincuk dari daun pisang, pertama ditaruh dulu nasi merah. Kemudian diatasnya ada sayuran, mulai dari daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, ketimun, lamtoro/petai cina dan kecambah. Baru deh diatasnya dikasih sambel wijen hitam. Biar tambah lengkap, ibunya juga kasih karak alias kerupuk dari beras.

Campuran sayur dan sambal wijen hitam yang langsung bikin ngiler!

Karak yang juga dipake buat nyendok pecelnya karena ibunya nggak ngasih sendok! Nyam!

Rasa sambal wijennya unik banget. Gurih tapi ada pedesnya sedikit. Ketika dimakan bareng sama sayur dan karak, jadi makin enak. Bahkan Ms. Mimin sampe minta nambah karak sama ibunya. Porsi nasinya juga nggak terlau banyak tapi cukup buat sarapan. Harganya cuma Rp 7.000 per porsi jadi nggak bikin dompet menjerit.

Pecel Ndeso di Wonder Bakery Jl. Gajah Mada jualan dari jam 05.30 sampai jam 10.00. Selain di sana, kamu bisa cari Pecel Ndeso di daerah Stadion Manahan, Jl. Juanda dan depan Pasar Gedhe.

Ada rencana mau ke Solo? Jangan lupa nyobain Pecel Ndeso ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s