[#makanpakereceh di Jogja] Ayam Geprek Wars: Bu Rum vs Bu Made

Pas ngerencanain Culinary Itinerary di Jogja, Ms. Mimin udah niatin banget buat nyobain ayam gepreknya Bu Rum dan Bu Made. Soalnya setiap kali nanya temen-temen yang di Jogja mana ayam geprek paling endeus, jawabannya pasti kebagi dua. Sama kayak pilih makan bubur diaduk atau nggak. Mumpung lagi liburan, waktunya Ms. Mimin ngebuktiin mana yang paling endeus!

Tenda Biru Ayam Geprek Bu Made
Jl. Wulung No. 24
08.00 – 20.00

Nggak susah nyari Ayam Geprek Bu Made, kamu cukup nyari tenda warna biru di sisi kanan jalan. Ms. Mimin dateng kesana agak kesorean, sekitar jam 3 sore. Ayam crispy dan sayurnya masih ada, tapi lauk lain kayak tempe goreng dan telur dadar udah nggak ada. Setelah ambil nasi, ayam dan sayur, tinggal bilang mau pake cabe berapa dan nanti piringnya bakal dianterin ke meja kamu. Oh iya, tempatnya Bu Made kebagi jadi dua tenda, yang satunya lagi persis di seberangnya.

Nggak afdhol kalo makan di Ayam Geprek Bu Made kalo nggak minta kuah tongsengnya. Dateng barengan sama ayam gepreknya, Ms. Mimin langsung nyicipin kuahnya. Rasanya manis dan ada sedikit gurihnya! Pas nyobain ayam gepreknya, sambalnya pake tomat jadi ada rasa manisnya. Unik banget pas makan ayam gepreknya bareng sama kuah tongseng. Makan berdua (tambah minum) cuma Rp 30.000-an aja!

Ayam Geprek Bu Rum 1
Jl. Wulung Lor
09.00 – 19.00

Ms. Mimin mampir ke cabang pertamanya Ayam Geprek Bu Rum yang jaraknya nggak jauh setelah Ayam Geprek Bu Made. Karena dateng sekitar jam 1 siang, tempatnya udah nggak terlalu rame jadi bisa ngantri agak santai. Selain ayam crispy, lauk lain kayak tempe goreng, telur dadar dan sayur masih lengkap. Setelah ambil nasi dan ambil lauk atau sayur, Ms. Mimin langsung dihadapkan sama mas-masnya yang nantangin nanyain mau pake cabe berapa. Setelah digeprek semua, kamu bisa pesen minum dan duduk.

Eh, kok ada kuah tongseng? Nggak salah tempat, Min?

Ternyata oh ternyata, di Ayam Geprek Bu Rum ada kuah tongseng juga! Penasaran, Ms. Mimin langsung cobain. Beda lho sama di Bu Made. Kuah tongsengnya Bu Rum nggak terlalu manis dan lebih ke arah gurih. Sambalnya juga beda, karena di Bu Rum lebih dominan bawangnya. Jadi pas ayam gepreknya dimakan bareng kuah tongseng, kerasa banget gurihnya. Makan berempat (tambah minum) cukup ngeluarin Rp 70.000-an aja!

Jadi enakan yang mana, Min?

Buat yang suka sambal tomat dan lebih ke arah manis, Ayam Geprek Bu Made bisa jadi tempat wajib kalau dateng ke Jogja. Tapi kalau suka sambal bawang dan yang gurih, Ayam Geprek Bu Rum nggak boleh terlewatkan dari daftar tempat makan. Atau kalau mau nyoba dua-duanya juga bisa banget, asal siapin perut kosong!

Pro tips: Pas lauknya digeprek, cobain deh minta dicampur pake nasi. Jadi nasinya bakal kecampur sama sambelnya. Nggak kalah endeus!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s